Tuesday, April 24, 2018

Contoh analisis Elements of User Experience


Tugas 1 – Tulis tangan di kertas
Anda diminta untuk mencoba tahapan 5 Elements of UX diatas. Caranya adanya
dengan melakukan napak tilas pembangunan Aplikasi pada mesin ATM. Seolah-olah
aplikasi ATM itu belum ada, atau Seolah-olah sudah ada dan Anda diminta untuk
mengembangkannya menjadi lebih baik. Pada dunia nyata saat ini, pengembangan
experience dari mesin ATM dapat kita lihat dari perubahan bentuk interaksi
menggunakan tombol, menjadi layar sentuh. Atau bahkan fitur dan kontennya juga
diadopsi pada pengembangan aplikasi Internet Banking dan Mobile Banking.

Strategy : mengambil  dan mentransfer uang tunai di berbagai tempat yang terdapat gerai ATM tanpa harus menuju ke kantor cabang bank tersebut . Pelayanan nasabah di bank dapat dilakukan di gerai ATM tanpa harus bertemu langsung dengan petugas di kantor cabang bank tersebut.
Scope : pemilihan bahasa yang dapat dikemas dalam berbagai bahasa agar mudah dipahami oleh masyarakat luas. Melihat saldo dapat dilakukan secara otomatis tanpa harus masuk ke menu info saldo. Pemilihan transaksi dapat dilakukan secara langsung antara mengambil atau mengirim uang dengan menampilkan jumlah saldo sebelum dan sesudah transaksi.
Structure :
Mengambil uang: pada saat login muncul kolom PIN dengan (jumlah kolom sesuai banyaknya PIN) secara otomatis agar user tahu bahwa kolom tersebut untuk memasukkan PIN. Pada pemilihan transaksi pilih menu penarikan agar user dapat mengambil uang dengan jumlah yang diinginkan.  Lebih baik jumlah uang yang ingin diambil diketik sendiri sesuai dengan jumlah yang diinginkan(jumlah uang yang diambil minimal dan maksimalnya disesuaikan oleh pihak bank). Jika transaksi sudah berlangsung sebaiknya kartu ATM yang diambil terlebih dahulu daripada uangnya untuk mengantisipasi kartu tertinggal saat transaksi. Bukti transaksi dicetak sekaligus muncul di layar saat transaksi sudah selesai untuk memberi informasi kepada user.
Mentransfer uang: pada pemilihan transaksi langsung menuju ke menu transfer yang disediakan berdekatan dengan menu penarikan agar user dapat  memilih opsi yang transfer jika tidak ingin melakukan penarikan uang. Memasukkan no rekening yang akan dituju. Jika beda bank maka akan disediakan kode untuk transfer ke beda bank(biasanya dalam fitur ATM bersama). Masukkan jumlah uang yang akan ditransfer. Kemudian akan muncul nama dan no rekening serta rincian jumlah untuk memastikan kebenaran pihak yang akan menerima transfer uang. Jika sudah sesuai maka transaksi dapat dilakukan. Ada pemberitahuan berhasil ditransfer
dengan bukti transfer yang dicetak dan muncul di layar.  

No comments:

Post a Comment